La Tahzan ツ

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا
La Tahzan Innallaha Ma’ana
“Janganlah engkau bersedih, Sesungguhnya Allah ada bersama kita”
Itulah quotes yang sering kali terdengar di telinga saya dan menjadikan suatu motivasi untuk saya dalam menghadapi suatu musibah ataupun masalah dalam kehidupan. Sehingga saya bisa tumbuh menjadi wanita tangguh seperti sekarang ini *ceileh :D

Saya akan menceritakan sedikit tentang sosok inspiratif yang juga ada sangkut pautnya dengan quotes tadi. Siapakah dia????


Dia adalah Dr. Aidh Abdullah bin 'Aidh al-Qarni atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Dr. Aidh AL-Qarni. Beliau merupakan seorang penulis yang lahir pada tahun 1960. Ia menamatkan pendidikan S3-nya di Universitas Islam Muhammad bin Sa'ud Al Islamy. Selain sebagai penulis, ia juga hafidz Al-Quran 30 Juz. Ribuan judul kaset ceramah tentang agama, kuliah serta kumpulan puisi, dan syair karyanya telah dipublikasikan. Hasil karya yang membuat saya terinspirasi yaitu buku-bukunya selalu mengandung unsur-unsur islami. Biasanya Dr. Aidh ini menghasilkan buku-buku seperti buku tafsir, hadist, fiqh, dan buku-buku islami lainnya. Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini Dr. Aidh meluncurkan buku yang berjudul "As'adu Imra'atin Fil A'lam" yang telah di terjemahkan oleh Bukhari Abu Syauqi judulnya menjadi “La Tahzan Untuk Wanita” yang berisi 14 sub judul dengan kisah-kisah yang berbeda, namun selalu mengandung motivasi dan inspirasi. Tak hanya itu saja, Buku ini merupakan salah satu buku yang terlaris di Indonesia bahkan mendapatkan predikat Best Seller sampai di Timur Tengah karena mencapai angka penjualan yang sangat fantastis. Buku ini juga telah diterjemahkan ke dalam 29 bahasa dunia.

Buku “La Tahzan Untuk Wanita” ini dari judulnya saja sudah membuat saya penasaran sehingga menimbulkan suatu ketertarikan tersendiri untuk bisa membacanya. Kelebihan dari buku ini yaitu sub bab yang disajikan selalu memiliki makna tersendiri tentu saja memfokuskan pada kajian-kajian islami, penuh hikmah, sehingga seseorang yang membacanya akan membuat jeda dan merenungkan setiap kata demi kata sebelum berlanjut pada pembahasan selanjutnya.

Dari 14 sub bab yang terdapat dalam buku ini, ada 2 judul yang sangat memikat hati saya. Menurut saya kedua judul tersebut memiliki makna yang sama yaitu kisah untuk  mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Kedua cerita itu adalah “Kemalasan Adalah Teman Kegagalan” dan “Tinggalkan Perasaan Bahwa Engkau Teraniaya”.

Di cerita pertama “Kemalasan Adalah Teman Kegagalan”. Disini pelajaran hidup yang bisa saya ambil yaitu bahwa kita tidak boleh bermalas-malasan, apalagi dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Yahh, memang sebenarnya musuh terbesar kita dalam hidup ini bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri. Rasa malas memang manusiawi, tetapi tidak untuk sesuatu yang berkepanjangan sehingga menjadikannya sebuah kebiasaan. Bukankah dalam hadist Al-Quran telah dijelaskan bahwa:“ada penyakit jiwa yang sangat berbahaya yaitu MALAS”. Sesungguhnya tidak ada orang yang suka kepada orang malas. Malas adalah sifat syetan, Allah melaknat syetan dan janganlah kamu mengikuti syetan”. Cerita ini mengajarkan kita bahwa hidup ini tidak akan berkembang jika sifat malas terus menerus dipelihara. Sehingga kita diberi motivasi untuk tetap istiqomah dan tidak lengah terhadap pekerjaan.

Dan cerita selanjutnya yaitu “Tinggalkan Perasaan Bahwa Engkau Teraniaya”, isi cerita dari judul tersebut yaitu jika kita merasa kecewa dan merasa teraniaya oleh seseorang atau bahkan mungkin merasa jika nasib kita selalu buruk tetapi kita menanggapi ujian tersebut dengan tabah dan sabar, maka tanpa kita sadari sifat sabar itulah yang akan membuat kita mencapai kesuksesan hidup. Kita hanya perlu pasrah dan berserah diri pada-Nya. Karena sesungguhnya, ketetapan Allah adalah yang terbaik untuk setiap makhluknya. Bahkan jika kita kehilangan sesuatu yang menurut kita berharga, maka percayalah bahwa Allah akan mengganti dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Karena Allah tidak akan membebani setiap hambanya melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Buku “La Tahzan Untuk Wanita” karya Dr. Aidh AL-Qarni ini sangatlah memberikan pengaruh positif pada diri saya karena dengan buku ini saya lebih bisa menghargai hidup dan tidak akan menentang takdir yang telah ditetapkanNya. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Profesi Ahli Gizi